Ketua SMSI BU Sayangkan Sikap Staf DPRD Usir Wartawan

PENA RAKYATBengkulu Utara, Terkait perlakuan tidak pantas yang dilakukan oleh salah satu Staf Sekretariat DPRD Bengkulu Utara bernama Mustani, yang terkesan mengkebiri profesi jurnalistik, lantaran telah melakukan pengusiran ketika awak media ini tengah menjalani profesinya, sebagai Jurnalis untuk mengambil liputan pada pembahasan Rapat Internal Banggar, Senin (29/11). Ketua SMSI Bengkulu Utara Ismail Yugo, angkat bicara.

Dikatakan Ismail, aksi tindakan yang kurang pantas dilakukan oleh oknum ASN Sekretariat Dewan sangat disayangkan. Sejatinya, Lembaga Legislatif yang terhormat yang merupakan mitra dari para jurnalis ini, sejatinya dapat saling menghormati. Dimana, jika memang adanya pembahasan yang sifatnya privasi dapat menyampaikan secara baik baik, atau dengan penyampaian bijak. Pasalnya, ia menekankan para jurnalis dalam menjalankan profesinya itu dilindungi Undang-undang, yang sudah jelas memiliki hak untuk mendapatkan, mendengarkan, memiliki serta mempublikasikan peristiwa, yang menurutnya layak untuk menjadi konsumsi publik. Tidak mesti, dengan cara melakukan pengusiran seperti itu, dan itu jelas tindakan yang terkesan mengkebiri profesi jurnalistik, yang jelas melecehkan perusahaan media.

“Soal adanya pengusiran terhadap wartawan, yang tengah menjalankan tugasnya, yang dilakukan oleh staf Sekretariat DPRD BU sangat disayangkan sekali. Semestinya, jika memang akan melakukan rapat tertutup, dapat menyampaikannya dengan cara bijak untuk meminta awak media keluar ruangan, bukan dengan cara pengusiran. Kami atas nama Organisasi SMSI Bengkulu Utara, akan meminta klarifikasi ke pihak Sekwan, terkait pengusiran terhadap salah satu awak media, yang menjalankan tugas jurnalistiknya saat itu,” tegas Ismail.

Sekedar mengingatkan, pengusiran yang dilakukan oleh staf kantor Lembaga Legislatif yang terhormat ini dialami langsung oleh jurnalis media ini, dimana ia diusir dengan tidak pantas oleh oknum ASN bernama Mustani, ketika jurnalis ini tengah mengambil gambar saat giat lembaga ini dimulai. Ketika itu, Mustani dan lain nya tampak gelisah, atas perintah, mustani mendekati awak media ini seraya mengusirnya keluar ruangan.

Laporan : R