Example 1428x372
Nasional

Cara Tips Mengelola Gaji di Tanggal Tua

50
×

Cara Tips Mengelola Gaji di Tanggal Tua

Sebarkan artikel ini
Spread the love

PENA RAKYAT.id – Banyak orang kesulitan mengatur keuangan di jaman seperti sekarang ini. Gaji yang diterima terkadang tidak mampu bertahan lama. Bahkan banyak juga yang sudah mengalami krisis keuangan pada pertengahan bulan.
Sulitnya mengatur keuangan malah sering membuat seseorang berutang. Untuk itu diperlukan pengelolaan gaji dengan baik supaya bisa menghindari hal tersebut. Beberapa tips mengatur pengeluaran berikut bisa dicoba agar terhindar dari derita di tanggal tua.

1. Menyusun Anggaran Bulanan
Menyusun anggaran bulanan merupakan hal utama yang harus dilakukan. Anggaran ini berisi kebutuhan apa saja yang dibutuhkan selama satu bulan. Buatlah daftar anggaran berdasarkan jenis kebutuhannya.
Kebutuhan pokok berupa kebutuhan sehari-hari, bayar tagihan listrik, air, telepon, dan bayar cicilan. Kebutuhan sekunder berupa biaya perawatan ke salon dan belanja. Tersier berupa perhiasan baru dan gadget baru

2. Evaluasi Anggaran Bulanan
Setelah menyusun anggaran dan menentukan estimasi biaya, saatnya lakukan evaluasi terhadap setiap yang dianggarkan. Tekan biaya jika dirasa terlalu tinggi. Usahakan untuk membuat estimasi harga real.
Selain melakukan evaluasi pada anggran yang baru dibuat, Anda juga harus melakukannya dari anggaran bulan sebelumnya.

3. Membayar Tagihan Tepat Waktu
Lunasi semua tagihan seperti cicilan rumah, cicilan kendaraan dan lainnya sebelum jatuh tempo. Hal ini dilakukan agar terhindar dari bunga dan denda. Dengan menghindari biaya tersebut dapat menghemat pengeluaran yang lumayan.

4. Sisihkan Gaji untuk Ditabung
Menyisihkan uang untuk ditabung merupakan langkah bijak untuk menekan pengeluaran. Menabung bisa dilakukan di awal setelah menerima gaji bulanan. Tujuannya agar uang tersebut tidak digunakan untuk membiayai keperluan lain.
5. Belajar Investasi
Anda bisa mulai berinvestasi jika gaji bulanan masih tersisa. Produk investasi yang bisa dicoba antara lain deposito, reksadana, saham, dan forex. Pilih jenis investasi yang sesuai dengan karakter Anda serta bekali diri dengan ilmu yang tepat. Hindari tawaran investasi yang menjanjikan keuntungan tidak wajar.

6. Merencanakan Keuangan Jangka Panjang
Merancang keuangan jangka panjang terbukti dapat mengurangi pemborosan. Sebab Anda sudah mempunyai gambaran jelas terkait penggunaan uang tersebut. Anda juga akan lebih bijak setiap kali mengeluarkan uang.

7. Memasak Makanan Sendiri
Memasak makanan sendiri terbukti mampu menekan pengeluaran hingga 50% dibandingkan membeli makanan di luar. Memasak sendiri juga memberikan kontrol lebih terhadap kualitas makanan. Kesehatan dan kebersihan makanan akan terjamin dengan memasaknya sendiri.

8. Memaksimalkan Kartu Kredit
Menggunakan kartu kredit saat ada promo atau diskon mampu menghemat pengeluaran keuangan Anda asalkan digunakan dengan bijak. Gunakanlah hanya untuk keperluan membayar tagihan utama bukan untuk kebutuhan konsumtif gaya hidup.
Serta jangan lupa membayarnya tepat waktu. Keterlambatan membayar bisa mengakibatkan denda yang nantinya malah merugikan.

9. Membuat Rekening Tabungan Terpisah
Penggunaan rekening berbeda sangat membantu untuk mengontrol pengeluaran. Misalnya rekening untuk kebutuhan sehari-hari, dan rekening lainnya untuk menyimpan tabungan. Dengan begitu, Anda tidak kebablasan menggunakan uang.

 

10. Berusaha Hidup Hemat
Hidup hemat merupakan kunci mengatur pengeluaran yang sangat ampuh. Gunakan waktu dan uang untuk sesuatu yang bermanfaat seperti membaca buku atau mengupgrade pengetahuan lainnya. Kurangi kegiatan tidak produktif yang dapat menyita waktu bahkan uang.

Tips diatas bisa Anda coba untuk menghemat pengeluaran. Tidak mudah memang namun tidak sulit juga untuk dicoba. Setelah berhasil mencobanya maka tanggal tua bukan lagi hal yang menakutkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *