Example 1428x372
Nasional

Agar Kita Paham, Perbedaan Tugas Pokok, Antara Media Ormas LSM,

283
×

Agar Kita Paham, Perbedaan Tugas Pokok, Antara Media Ormas LSM,

Sebarkan artikel ini
Spread the love

PENA RAKYAT.id – Sebagaimana dijelaskan oleh Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Bengkulu Utara, Ismail Yugo pada Kamis (18-01-2024). Media massa baik cetak, elektronik maupun media online mempunyai bidang tugas pokok dan fungsinya tersendiri yang sangat berbeda dengan LSM yang merupakan lembaga yang dibentuk oleh masyarakat secara swadaya dengan tujuan tertentu.

Dia juga menyebut, selama ini, sebagian masyarakat diberbagai daerah, masih belum mengerti, terkadang ada yang salah paham memandang, mengucapkan, mendengar, mengartikan tentang, Ormas, LSM sama denga wartawan atau pers.

Hal itu dibenarkan oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang Ormas Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) Bengkulu Utara, Herman Eryudi.  Dia mengungkapkan, meski memiliki unsur kesamaan, tugas dan fungsi ormas yang dia pimpin berbeda dengan fungsi media sehingga tak dapat saling mencampuri.dan juga LSM

“Tugas kami ormas dan LSM melakukan pembinaan, pencegahan, dan pengawasan, tidak ngurusin iklan atau kerjasama publikasi dengan pemerintah daerah, pemerintah desa atau lembaga lainnya.  Juga apa dasar hukumnya kalau kita mau masuk ke ranah itu ?,” ungkap Herman.

Herman menegaskan, Organisasi Massa (Ormas) ada kesamaan fungsi dengan LSM yakni merupakan sekumpulan masyarakat yang dibentuk  dengan tujuan sama, satu arah, satu pemikiran untuk mencapai sebuah kepentingan dalam suatu kegiatan.

Dijelaskan Herman, Ormas dalam Pasal 1 Undang – Undang No. 17 Tahun 2013, merupakan organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan, dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

dikutip dari media Konkret

Laporan : R

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *