Ada Temuan 200 Juta, Kades Nangai Amen Janji Kembalikan Sabtu Besok

PenaRakyat.id, LEBONG – Sebelumnya Kepala Desa Nangai Amen, Kecamatan Lebong Utara, Kabupaten Lebong, diberi target 60 hari untuk mengembalikan uang ke rekening kas desa, terhitung sejak keluarnya LHP Inspektorat terkait adanya temuan kekurangan pengerjaan fisik yang dibangun dari sumber anggaran Dana Desa (DD) tahun anggaran 2018 lalu, ditambah lagi dana BUMDes yang tidak disetorkan sebesar Rp 60 juta atau kalau dikalkulasi sekitar Rp 200 juta. Enam puluh hari dari keluarnya LHP Inspektorat itu jatuh pada tanggal Sabtu 20 Juli besok.

Namun hingga berita ini diterbitkan (19/7) yang bersangkutan belum juga memenuhi kewajibannya untuk mengembalikan dana tersebut ke rekening kas desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMD-Sos), Reko Haryanto, S.Sos., M.Si. melalui Kepala Bidang PMD, Eko Budi Santoso, SP., M.Eng. menuturkan hingga hari ini dirinya belum menerima laporan apakah sudah disetorkan atau belum.

“Saya belum dapat infonya apakah sudah disetorkan atau belum oleh beliau, kalaupun belum masih ada waktu besok terakhir,”ujarnya.

Ketika ditanya seandainya sampai dengan besok belum juga disetorkan apa tindakan yang akan diambil beliau menyampaikan, Pihaknya akan koordinasi dengan pimpinan dan sektor terkait dulu, seperti Inspektorat, Asisiten Pemerintahan dan Bupati, baru nanti apapun petunjuk dari pimpinan sesuai dengan aturan akan dijalankan.

“Yang pasti kami akan koordinasi dulu dengan pimpinan dan sektor terkait, apa langkah yang akan diambil nanti, apakah kepala desa tersebut diberhentikan sementara atau bagaimana tergantung dari keputusan bersama namun tetap mengacu pada aturan yang ada, dan tentunya kita ingin roda pemerintahan desa tersebut harus tetap berjalan, dan semoga saja beliau bisa memenuhi kewajibannya untuk mengembalikan uang ke kas desa sebelum lewat dari waku yang telah ditetapkan,”jelasnya.

Sementara Kepala Desa Nangai Amen, DC, ketika dikonfirmasi terkait deadline yang diberikan padanya jatuh pada Sabtu besok, beliau menyampaikan iktikad baiknya akan menyelesaikan kewajibannya itu. DC mengaku akan mengembalikan uang ke kas desa besok, Sabtu.

“Besok saya akan setorkan uang itu ke rekening kas desa, kalau sudah nanti saya kabari ya, tunggu aja infonya, besok saya kirimkan bukti setor saya,”jawabnya singkatnya via messenger. (YF-Go)